Akademik

Akademik

Mahasiswa

Mahasiswa Baru

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Doktor Ilmu Ekonomi FEB Usakti harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Telah lulus ujian tertulis mata kuliah, TOEFL, TPA dan wawancara. Penyerahaan skor TOEFL min 500 dan TPA min 550 dilakukan sebelum ujian proposal disertasi.
  2. Telah menyelesaikan administrasi akademik (Ijazah, Transkrip, dll) dan
  3. Telah menandatangani dan menyerahkan surat pernyataan jika selama dua semester berturut-turut tidak melunasi administrasi keuangan akan diundirkan.
  4. Untuk mahasiswa asing memerlukan tambahan penyertaan Ijazah dari Dikti, Surat Izin Tinggal, dan menguasai Bahasa Indonesia.

 

Mahasiswa Aktif dan Tidak Aktif

Mahasiswa berkewajiban mendaftar kembali setiap awal semester dengan membayar penuh biaya akademik dan mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) sampai dinyatakan lulus pada saat Yudisium. Mahasiswa dibedakan menjadi mahasiswa aktif dan mahasiswa tidak aktif.

  1. Mahasiswa aktif adalah mahasiswa yang telah membayar lunas biaya pendidikan yang menjadi kewajibannya untuk semester yang akan berjalan atau mahasiswa yang membayar biaya pendidikan yang menjadi kewajibannya untuk semester yang akan berjalan melalui mekanisme cicil, tunda bayar, sponsor ataupun bentuk lain yang telah memperoleh persetujuan universitas.
  2. Mahasiswa tidak aktif adalah:
    1. Mahasiswa tanpa izin tidak aktif karena tidak melaksanakan pembayaran biaya pendidikan yang menjadi kewajibannya untuk semester yang akan berjalan, sehingga masa tidak aktif diperhitungkan dalam masa
    2. Mahasiswa yang diizinkan oleh Ketua Program Doktor karena sesuatu hal dan dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk cuti akademik, baik terencana atau tidak (atas permintaan sendiri atau karena alasan sakit, bela atau tugas negara, atau tugas Universitas Trisakti) dengan memenuhi ketentuan cuti akademik yang ditetapkan yaitu diambil sebelum batas masa studinya berakhir, dan maksimal 4 (empat) Dalam hal ini masa tidak aktif mahasiswa diperhitungkan dalam masa studi.
    3. Mahasiswa yang tidak memenuhi administrasi keuangan selama dua semester berturut-turut, secara otomatis dinyatakan tidak aktif dan drop out (DO).